BAB
1
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG MASALAH
Perkembangan
teknologi yang semakin pesat mulai
digunakan tidak hanya untuk melakukan
tukar informasi, berita,
dan semacamnya, namun
saat ini teknologi sudah
mulai digunakan untuk
merambah dan memajukan dunia bisnis.
Salah
satu teknologi yang perkembangannya semakin
pesat adalah teknologi internet, teknologi dunia maya ini
merupakan teknologi yang saat ini menjadi trend untuk berbagai
kalangan, baik dari
anak-anak sampai orang
tua saat ini menggunakannya. Dengan internet setiap
orang dapat berkomunikasi
dengan orang lain yang berada di berbagai belahan dunia tanpa dibatasi
waktu dan ruang.
Melalui media
ini mereka dapat memperoleh
dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan dan
dimana saja. Jejaring sosial networking sudah semakin maju yang saat ini bisa
dikatakan sebagai yang fenomenal
adalah twitter dan facebook. Search engine yang ada
didunia maya juga mampu dimanfaatkan untuk membuat seseorang tidak hanya
bisa duduk diam tanpa
penghasilan, namun dengan
internet mereka mampu mendapatkan penghasilan.
Internet
saat ini dirasa bisa menjadi solusi pemasaran yang sangat bagus
karena bisa diakses
oleh orang dalam
waktu yang tanpa
batas danbisa diakses
oleh orang lain
darimana saja berada. Pemasaran media online dapat dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan
untuk saat ini. Maka dari itu makalah ini akan membahas pemasaran media online.
2.
RUMUSAN MASALAH
1. Apakah
pemasaran media online itu?
2. Bagaimana
strategi pemasaran media online?
3. Apa
dampak positif dan negatif pemasaran media online?
BAB
2
PEMBAHASAN
1.
PEMASARAN MEDIA ONLINE
Pemasaran
menurut Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana
seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan meleui
penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. Saat ini pemasaran tidak hanya
dilakukan dengan cara memasang iklan di media massa (televisi dan radio)
ataupun di media cetak seperti koran, majalah dan sebagainya. Sesuai dengan
perkembangan teknologi yaitu internet, pengusaha juga memanfaatkan teknologi
baru tersebut sebagai media pemasaran yang baru yang biasa disebut dengan
pemasaran internet/online.
Pemasaran media online
pada dasarnya adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan
media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman berformat HTML yang
bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian
menjadi ‘rumah kedua’ bagi perusahaan-perusahaan yang sudah eksis untuk
menampilkan jati dirinya. Pada perkembangannya pemasaran online tidak hanya menggunakan media website, namun
juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet.
Selama bertahun-tahun kita telah merasakan
perubahan yang paling dinamis dan revolusional dalam dunia pemasaran yaitu
periklanan dan promosi. Perubahan-perubahan tersebut didorong oleh perkembangan
yang terjadi dalam hal teknologi yang telah mengarahkan dunia pemasaran kepada
pertumbuhan komunikasi melalui media interaktif khususnya internet. Internet
telah merubah cara perusahaan dalam mendesain dan mengimplementasikan
keseluruhan strategi bisnis dan pemasaran mereka. Internet juga mempengaruhi
program komunikasi pemasaran mereka.
Jutaan perusahaan baik perusahaan
multinasional sampai bisnis lokal telah mengembangkan website untuk
mempromosikan produk dan jasa mereka dengan cara menyediakan informasi untuk
menciptakan interaksi dengan calon konsumen. Fasilitas interaktif yang
ditawarkan internet adalah salah satu keuntungan yang utama. Berbeda dengan
media tradisional dimana sangat menonjolkan bentuk komunikasi searah, media
digital seperti internet memngkinkan bentuk komunikasi dua arah.
Internet sebagai bagian dari program
integrated marketing communication dapat menjadi alat yang berguna dalam hal
branding. Sangat disayangkan banyak perusahaan belum menemukan bagaimana
menjadi brand yang sukses melalui internet. Virus dari social networking
membuat pengguna internet atraktif dan pemasar berniat untuk menyebarkan
informasi dari mulut ke mulut.
Terdapat banyak alasan mengapa
internet menjadi alat pemasaran yang ideal. Internet bisa menjangkau jutaan
orang tetapi juga masih bisa digunakan untuk mengejar target pasara yang
terdiri dari sekelompok individu tertentu. 24 jam dalam 7 hari sangat menarik
dan tidak terdapat batasan geografis. Menurut Internet Marketing for Dummies,
internet adalah sarana yang ideal sekaligus yang terburuk untuk memasang iklan.
Bagusnya adalah iklan online sangat mudah untuk melacak jumlah orang yang telah
mengunjungi iklan yang dipasang. Segi buruknya adalah tidak bisa memastikan
bahwa iklan tersebut langsung menghasilkan penjualan.
Pemasaran media online mulai populer
sejalan dengan makin populernya penggunaan internet. Sebelum adanya pemasaran
media online, kegiatan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Akibatnya para perusahaan kecil atau yang baru bertumbuh tidak mampu melakukan
aktivitas pemasaran secara optimal (Lasmadiarta, 2010:3).
2.
STRATEGI PEMASARAN
MEDIA ONLINE
Strategi komunikasi pemasaran media
online adalah melakukan aktivitas pemasaran dengan menggunakan semua fasilitas
yang disediakan oleh internet dengan tujuan meningkatkan hasil penjualan dan
menjalin komunikasi yang lebih baik kepada pelanggan. Pemasaran dengan internet
pada dasarnya memiliki konsep yang sama, walaupun menggunakan sarana yang
berbeda-beda. Oleh sebab itu aktivitas pemasaran dilakukan tetap berpedoman
pada market, produk, website, trafik dan kredibilitas (Lasmadiarta, 2010:9-19).
Ada
sejumlah alasan mengapa usaha mulai membidik pasar Internet.
Ø Para penonton
televisi mulai berpindah
ke Internet. Karena
mereka pindah maka media iklan
harus mengikutinya, dengan asumsi bahwa tujuan pemasar mana pun
adalah untuk menjangkau
target audiens-nya secara
efektif dan efisien. Para pemasar
mengakui bahwa mereka harus melakukan penyesuaian perencanaan pemasarannya
untuk mengejar terus meningkatnya jumlah orang yang menghabiskan
waktu di depan
media online, seringkali
dengan meninggalkan media yang lain.
Ø Untuk membidik
pasar internet menggunakan
iklan yang dapat
di-update setiap waktu dengan
biaya minimal: karena
itu iklan-iklan di
internet selalu bisa tampil baru.
Ø Pasar
internet dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar
dalam hitungan global.
Ø Biaya untuk
iklan online kadang-kadang
lebih murah dibandingkan
iklan televisi, koran, atau
radio. Media beriklan
yang disebutkan belakangan
itu menjadi lebih mahal karena ditentukan oleh ruang yang akan dipakai,
berapa hari (waktunya) iklan tersebut akan dimuat, serta pada berapa stasiun
televisi dan koran lokal atau nasional iklan tersebut akan dipasang.
Ø Iklan di
internet dapat secara
efisien menggunakan konvergensi
teks, audio, grafik, dan
animasi.
Ø Internet sendiri sedang berkembang dengan
pesatnya.
Ø Kita
dapat membuat iklan
secara interaktif dan
dibidikkan ke kelompok-kelompok
tertentu dan atau perorangan.
Pengertian
strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan mengenai bauran
pemasaran, biaya marketing, dan alokasi pemasaran, dalam kaitannya dengan
kondisi persaingan dan keadaan lingkungan yang diharapkan.
Dari
pengertian manajemen dan strategi pemasaran di atas dapat disimpulkan bahwa
manajemen strategi pemasaran adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan
pengawasan terhadap strategi pemasaran. Dengan demikian, dalam manajemen
strategi pemasaran terkandung makna perencanaan, pengorganisasian, dan
pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan pemasaran yang meliputi bauran
pemasaran, biaya pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Untuk
mendapatkan hasil yang optimal dari kegiatan pemasaran online, tentu saja
dibutuhkan berbagai strategi. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran
online yang dapat diterapkan salah satunya, atau beberapa strategi secara
simultan, baik oleh individu maupun perusahaan atau badan usaha.
1. Memiliki
situs web atau blog
Ada sejumlah syarat yang mesti
dipenuhi agar pemasaran menggunakan media situs web atau blog dapat berjalan
efektif dan efisien, yang pada akhirnya tujuan dari pemasaran yang telah
ditetapkan dapat tercapai. Tujuan pemasaran dapat berupa peningkatan penjualan,
peningkatan brand awareness, atau mengedukasi pasar.
Syarat-syarat yang mesti dipenuhi web
atau blog agar mampu menjadi media pemasaran online, antara lain desain yang
menarik, tampilan yang memikat, sajian informasi yang lengkap, kenyamanan, dan
kemudan untuk diakses.
2. Bergabung
dalam jaringan sosial, semisal Facebook dan Twitter
Jumlah pemilik akun di jaringan
sosial tidak terbatas. Mereka berasal dari berbagai kalangan, kelompok usia,
dan wilayah tempat tinggal. Di antara mereka tentu banyak yang berpotensi untuk
disasar menjadi segmen pasar. Dengan memiliki akun di jaringan sosial, para
pelaku bisnis akan terhubung dengan mereka dan dapat menjalin komunikasi secara
intens serta melakukan kegiatan pemasaran.
3. Online
advertising
Jenis online advertising, antara lain
PPC dan CPM. PPC (Pay Per Click), yaitu seseorang atau badan usaha sebagai
pemasang iklan hanya membayar iklan ketika ada orang yang mengklik iklan
tersebut. Sedangkan, CPM (Cost Per Million Impressions) adalah pengiklan
membayar iklannya berdasarkan berapa kali iklan tersebut dilihat pengunjung.
Strategi-strategi pemasaran online
tersebut jika dipadukan dengan fungsi-fungsi manajemen, akan melahirkan
manajemen strategi pemasaran berikut ini.
Perncanaan strategi pemasaran
- Merencanakan tujuan yang hendak diraih dari
implementasi suatu strategi pemasaran online.
- merencanakan jenis media yang akan digunakan,
apakah melalui web atau blog, jejaring sosial, atau online advertising.
- Merencanakan anggaran untuk pelaksanaan suatu
strategi pemasaran.
Pengorganisasian dan penggerakan strategi pemasaran
- Menetapkan salah satu atau beberapa strategi
pemasaran online yang akan digunakan.
- Pembuatan desain, baik visual maupun konten untuk
web, blog, atau online advertising semenarik mungkin, dengan penggunaan
yang semudah mungkin bagi calon konsumen.
- Sinkronisasi rencana anggaran dengan
implementasinya.
Pengawasan strategi pemasaran
- Pengawasan terhadap implementasi strategi
pemasaran online yang digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran.
- Menganalisis efektivitas dari kegiatan pemasaran
yang telah dilakukan.
- Melakukan evaluasi terhadap tingkat pencapaian
tujuan dari kegiatan pemasaran.
- Menjaga agar komunikasi dengan para konsumen
melalui berbagai strategi pemasaran online terus berjalan dan terjaga
dengan baik.
- Penilaian terhadap desain visual dan konten media
pemasaran online, apakah masih sesuai atau perlu dilakukan
perubahan-perubahan.
Begitulah manajemen dan strategi
pemasaran bersinergi, yang melahirkan manajemen strategi pemasaran. Praktik
manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan
pengawasan, yang dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran akan membuat
aktivitas pemasaran online menjadi makin terkonsep, terarah, tajam, dan jelas.
Dari praktik pemasaran yang terarah, terkonsep, jelas, dan tajam ini, peluang
keberhasilan yang bisa diraih tentu saja makin besar dibandingkan jika kegiatan
pemasaran online dilakukan tanpa dilandasi praktik manajemen yang baik. Berawal
dari praktik manajemen strategi pemasaran online, pada gilirannya akan
menjadi penopang bangunan bisnis agar senantiasa mampu berdiri kukuh.
Agar lebih
mendukung untuk pertumbuhan
bisnis, kuncinya adalah rajin mengupdate kontent
yang ada pada blog
tersebut. Bisa jadi
anda telah mendapatkan calon
konsumen yang selalu
setia menengok produk
terbaru anda, namun menjadi
kecewa karena berita
pada blog sudah
tidak relevan dengan produk
kita, maka dari
itu kita dituntut
untuk mengupdate kontent supaya
bisnis terlihat lebih hidup dan dinamis.
3.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF
PEMASARAN MEDIA ONLINE
1.
Dampak Positif
A. Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar.
B.
Menjangkau
pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline.
C.
Biaya
operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan pemasaran lainnya
D. Waktu kerja pemasaran online yang tidak terbatas
E. Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen
F. Akan membuat industri lebih mudah
bereskspresi
G. Secara tidak
langsung dapat mengedukasi konsumen.
2.
Dampak Negatif
Bagi Konsumen
A. Penipuan
B. Tidak
sesuai dengan harapan
C. Keterlambatan
pengiriman
D. Kesulitan
transaksi
E. Pelayanan
buruk
Bagi Produsen
A. Kehilangan
segi finansial secara langsung karena kecurangan.
B.
Pencurian informasi rahasia yang
berharga.
C.
Kehilangan kesempatan bisnis karena
gangguan pelayanan.
D. Penggunaan
akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
E.
Kehilangan kepercayaan dari para
konsumen.
F.
Kerugian yang tidak terduga.
4.
CONTOH PEMASARAN MEDIA ONLINE
Contoh yang saya ambil dari pemasaran
media ini adalah sebuah bisnis online dari seorang penulis novel bernama Ollie
didalam novelnya yang berjudul “Alphawife” yang belum lama saya baca yaitu www.kutukutubuku.com. Setelah saya buka alamat tersebut
persis seperti dugaan saya bahwa bisnis online tersebut merupakan bisnis
penjualan buku, novel, dan komik yang menggunakan pemasaran media online.
Berawal dari hoby baca buku dan
merealisasikannya dengan membuat website kutukutubuku.com dengan
tujuan untuk berbagi keajaiban sebuah buku dengan lebih banyak orang dengan
janji pelayanan yang cepat serta pengiriman tanpa keringat, kami berharap tidak
akan membuat pelanggan menunggu lebih lama untuk membaca buku murah namun
berkualitas.
Cara belanja di toko buku online kutukutubuku.com ini
adalah dengan cara :
- Daftar Jadi Anggota Kutukutubuku.com (bagi yang belum
daftar saja)
- Login Anggota di sebelah kanan atas homepage
- Cari
Buku berdasarkan
judul atau pengarang di kolom search maupun lewat kategori genre buku
- Untuk membeli, klik tombol BUY
- Di halaman Shopping Cart, konsumen dapat
mengedit jumlah buku yang hendak dibeli atau mengeluarkan buku dari
shopping cart dengan klik tulisan take out
- Untuk lanjut berbelanja, klik tombol CONTINUE SHOPPING
- Klik tombol CHECKOUT jika sudah selesai berbelanja.
- Isi formulir data alamat pengiriman, pilih Cara
Pembayaran, Gift Wrap Setting, dll. Klik PROCEED jika sudah selesai.
- Di halaman Order Confirmation, cek ulang order,
pastikan, jenis/jumlah buku, ongkos kirim & alamat pengiriman sudah
benar. Klik PROCEED lagi.
- Selamat! Anda baru saja memesan buku dari kutukutubuku.com Order Receipt akan segera masuk ke
email Anda. Silahkan Cek email segera.
- Jika telah selesai membaca dan memastikan
pesanan Anda sesuai dengan Order Receipt yang diterima pada email Anda dan
Anda telah melakukan pembayaran melalui transfer Bank BCA atau Mandiri,
silahkan masukan data transfer pada form CONFIRM PAYMENT. (bagi
yang memilih melakukan pembayaran via transfer Bank
Berikut adalah cara untuk daftar menjadi anggota kutukutubuku.com
:
- Masuk ke halaman Pendaftaran Anggota Baru
- Isi formulir pendaftaran dengan jelas &
lengkap untuk menjamin pengiriman barang yang Anda pesan sampai di tangan
Anda.
- Klik SUBMIT
- Check email Anda. Akan masuk email aktivasi ke
inbox Anda. Klik pada link di email tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.
- Anda sudah menjadi member Kutukutubuku.com
Untuk sistem pembayaran dan ongkos kirim :
Pembayaran adalah
melalui :
- Transfer
Bank BCA atau MANDIRI
- Western
Union
- Moneygram
Setelah selesai melakukan
pembayaran, lakukan konfirmasi pembayaran segera.
Important Note:
- Jika belum membayar lunas pesanan, maka paket
tidak akan dikirim.
- Jika memilih untuk membayar dengan transfer
Bank, silahkan perhatikan kembali Order Receipt yang diterima di email
Anda sebelum melakukan pembayaran, kemudian setelah melakukan transfer via
Bank BCA atau Mandiri segera isi data transfer pada form CONFIRM PAYMENT.
Ongkos Kirim
- Ongkos kirim untuk wilayah Jakarta : Rp. 6.000
,- (flat delivery)
- Untuk ongkos kirim diluar wilayah Jakarta akan
disesuaikan dengan tarif yang berlaku pada TIKI JNE. Cek pada website jasa
pengiriman ynag kami pakai untuk lebih lengkapnyaTIKI JNE.
BAB
3
KESIMPULAN
Di
zaman yang sudah sangat berkembang ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan
memasang iklan di televisi, radio maupun media cetak, pemasaran juga dilakukan
dengan menggunakan new media (internet) seiring dengan semakin canggihnya
teknologi. Pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem
komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik
dengan cara melaui website, blog atau media sosial seperti facebook dan
twitter. Selain itu dampak positif dan negatif pemasaran media online harus di
perhatikan agar pemasaran online yang telah disusn berjalan dengan lancar dan
berhasil.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.marketing.co.id
http://bisnisabdoels.blogspot.com
www.kutukutubuku.com
Semoga bermanfaat :)
terimakasih banyak, mantab deh pembahasannya
BalasHapushttp://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-limpa-bengkak/
KISAH NYATA..............
BalasHapusAss.Saya PAK.ANDRI YUNITA.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.
KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll
Syarat :
Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
Proses :
Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur
Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
Prosedur Daftar Ritual ini :
Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP
Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya.
DANA GAIP KIYAI DIMAS KANJENG TAAT PERIBADI
saf
BalasHapusTerimakasih infonya jangan lupa mampir
BalasHapusSoftware toko gratis
BalasHapusTERIMAH KASIH INFONYA JANGAN LUPA MAMPIR GAN
kOMPUTERKIT
Sallam kenal.. permisi sy mau share informasi siapa tau ada yg membutuhkan, bagi yg membutuhkan jasa iklan online untuk memperluas pemasaran usahanya serta membutuhkan jasa website silahkan kunjungi link berikut:
BalasHapusjasa iklan facebook*
jasa iklan instagram*
jasa promosi instagram*
jasa google ads*
jasa social media*
jasa digital marketing *
jasa pembuatan website*
Bagi Anda yg ingin memperindah tampilan konten pada website atau konten pada facebook atau instagram untuk promosi usaha Anda, agar terlihat profesional Anda bisa memilih jasa desain grafis* untuk membuat berbagai macam desain pemasaran usaha Anda agar terkesan lebih meyakinkan dan dapat meningkatkan konversi promosi Anda pada social media atau website yg Anda miliki.
Itu saja yg bisa sy bagikan mohon maaf jika komen ini menggangu.
Misi Admin mau share info mungkin dr visitor ada yg membutuhkan info berikut.
BalasHapusBagi anda yang sedang membutuhkan jasa maket hubungi maket creator untuk mengetahui layanan pembuatan maket yang ada. Maket Creator melayani jasa maket atau miniayur diorama dan diecast kunjungi web nya di: https://maketcreator.com/.
Dan jika ada yang menggemari olahraga Airsoft Gun anda bisa berkunjung pada web GokilGun.com atau bisa di cari di Google dgn keyword jual airsoft gun jakarta. Serta kunjungi web Cacingnaga bagi anda yang gemar bermain slot online atau bisa di cari di Google dgn keyword web agen slot